Thursday, October 11, 2012

Tawuran Mahasiswa Makassar, Blacklist Perusahaan Nasional

Korban nyawa dalam bentrokan mahasiswa Makasaar kemarin :










2 Mahasiswa Makassar Tewas karena Tawuran, UNM Ancam Pecat Pelaku
Kamis, 11/10/2012 19:21 WIB

Makassar Universitas Negeri Makassar (UNM) menyerahkan sepenuhnya kasus tawuran yang menewaskan dua mahasiswanya ke polisi. Mereka mengancam akan memecat mahasiswa yang terbukti terlibat tawuran. "Kasus ini kami serahkan ke pihak kepolisian, bila ada yang dianggap terbukti bersalah, silakan diproses," kata Pembantu Rektor I UNM Sofyan Salam usai bertemu dengan Kapolrestabes Makassar Kombes Erwin Triwanto dan Dandim 1408 BS Makassar Letkol Firyawan di ruang Direktur RS Haji, Kamis (11/10/2012) petang. "Siapa-siapa saja tersangkanya nanti kami akan keluarkan dari kampus," imbuhnya.

Pihak UNM bertemu secara tertutup dengan polisi dan TNI. Selain Sofyan, pihak UNM diwakili Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Prof Hery Tahir. Untuk cooling down, kampus pencetak guru itu diliburkan untuk sementara waktu. Sebelum pertemuan, Kapolrestabes Makassar Kombes Erwin Triwanto sempat mengecek lokasi kejadian, IGD RS Haji. Ada ceceran darah korban di lokasi. Belum ada keterangan resmi mengenai kejadian tersebut.

Informasi yang dihimpun detikcom, mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (UNM) terlibat tawuran di kampus. Ada 4 mahasiswa yang terluka karena anak panah. Kedua kubu datang ke RS Haji sekitar pukul 15.00 WITA untuk menjenguk korban. Namun entah kenapa, tiba-tiba mereka terlibat tawuran kembali. Para mahasiswa kejar-kejaran di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Haji. Dua mahasiswa yakni Harianto dan Rezky Munandar, tewas. Mahasiswa angkatan tahun 2008 itu terkena tusukan di bagian dada.
http://news.detik..com/read/2012/10/...pelaku?9922022

---------------

Banyak orang kita di seluruh tanah air memprihatinkan setiap ada bentrokan mahasiswa di Makassar, yang sebentar-sebentar demo lalu bertindak anarkhi dan berkelahi. Sesama rekan mahasiswa satu kampus pun (hanya beda fakultas), suka berkelahi. Apalagi lain kampus. Kampus sendiri terkadang bukan hanya di rusak, tapi dibakar. Bahkan kemarin itu sampai ada korban melayang diantara mereka sendiri, 2 orang mahasiswa. Penduduk Makassar yang mayoritas muslim, termasuk mahasiswanya itu, seharusnya tahu betul bahwa dalam al-Qur'an ada disebutkan, membunuh satu anak manusia tanpa alasan yang benar, itu sama saja dosanya membunuh semua ummat manusia. Aneh dan mengerikan untuk anak muda berpendidikan tinggi, dan menyandang predekat calon pemimpin bangsa di masa depan.

Saya punya informasi, yang mungkin terasa pahit untuk mahasiswa Makassar yang baik-baik. Yaitu, banyak perusahaan dan kantor instansi swasta yang enggan menerima alumni Universitas dan Perguruan Tinggi dari Makassar, karena gambaran negatif yang mereka dapatkan selama ini, suka berkelahi dan demo, terutama dari media dan televisi. Mereka khawatir alumni Makassar itu kelak mengobarkan kerusuhan yang sama di instansi atau perusahaan mereka, bila kelak mereka diterima. Memang terlihat berlebihan, tapi itulah realitas yang harus mereka pahami. Makanya, maaf bukan bermaksud SARA, banyak alumni PT asal Makassar, agak sulit diterima di luar daerahnya di Indonesia ini.

Spoiler for sebuah adegan kekerasan berdarah-darah disebuah kampus di Makasaar, tahun 2008 lalu:


Sumber dari http://kask.us/16893147 oleh jagu4r

No comments :

Post a Comment